Thursday, September 3, 2009

BELAJAR GEOGRAFI BUMI DENGAN GOOGLE EARTH

Mungkin bagi sebagian orang, terutama pelajar, mempelajari peta geografi bumi itu sulit dan membosankan. Apalagi, kalau sudah berhubungan dengan nama-nama benua, negara, kota dan lain sebagainya. Tetapi dengan kecanggihan teknologi saat ini, semakin banyak cara untuk membuatnya lebih menarik untuk dipelajari. Salah satunya dengan menggunakan software (perangkat lunak) Google Earth (http://earth.google.com/index.html), yang merupakan sebuah aplikasi yang menggabungkan gambar dari satelit, pemetaan, dan juga fasilitas pencarian Google Search, yang memberikan informasi geografi dunia pada jari anda. Dengan tampilan 3D (tiga dimensi) yang sangat menarik dan navigasinya yang mudah, menjadikan aplikasi ini sangat cocok bagi kita yang ingin mempelajari tentang informasi geografi dunia.


Bagaimana mendapatkannya?

Untuk mendapatkan aplikasi ini, caranya cukup mudah, silahkan buka situs Google Earth, dan pada halaman utama situs tersebut, klik pada link Get Google Earth (Free Version) (http://earth.google.com/download-earth.html),untuk mendapatkan (men-download) versi gratis dari Google Earth ini dengan fitur yang sudah sangat cukup untuk mengetahui dan belajar tentang geografi dan lokasi-lokasi di bumi. Atau, jika anda memang ingin fasilitas yang lebih lengkap dari Google Earth ini seperti misalnya dukungan GPS (Global Positioning System), pemetaan satelit yang lebih detail, dan lain sebagainya, anda dapat mencoba versi berbayar dari Google Earth yaitu Google Earth Plus dan Google Earth Pro.


Bagaimana menggunakannya?

Jika anda telah mendownload software Google Earth, install-kan terlebih dahulu software tersebut pada komputer anda dengan mengklik 2x pada file yang telah anda download.

Setelah ter-install, anda dapat menjalankan software ini dengan mengklik pada menu Google Earth yang ada pada Start Menu komputer anda, atau dengan mengklik icon Google Earth pada layar dekstop anda (untuk pertama sekali, anda harus terhubung terlebih dahulu dengan internet, agar Google Earth dapat mendownload informasi, kemudian setelah itu, anda dapat menggunakannya secara offline tanpa harus terkoneksi internet lagi, dan untuk mengupdate informasi, anda dapat mengaktifkan koneksi internet, agar Google Earth dapat mengupdate informasi terbaru).

Pada layar utama Google Earth anda akan melihat 3 bagian layar, yaitu bagian View yang menampilkan image dari bumi, bagian Navigation Panel untuk melakukan pengaturan-pengaturan pada tampilan dan juga untuk menjelajahi tampilan bumi, dan Left Panels (Places, Layers) untuk mengatur placemark, folder, kategori dan lain-lain).

Pada bagian View, selain daripada tampilan bumi, informasi tentang posisi Pointer yang merupakan informasi realtime dari koordinat Longitude/West East (garis bujur) dan Latitude/Nort South (garis lintang), elevation (ukuran ketinggian dari permukaan laut), Eye alt (jarak pandang tampilan bumi dari satelit).

Jika pada tampilan aplikasi anda, bagian panel tidak aktif, anda dapat mengkatifkannya dengan mengklik pada menu Tools, untuk memilih panel-panel yang ingin anda aktifkan antara lain Navigation Panel, Left Panel, -Places, -Layers, -Search, dan lain sebagainya.

Selain dengan menggunakan tombol-tombol tersebut diatas, anda dapat juga melakukan navigasi pada tampilan bumi dengan menggunakan mouse tepat pada area tampilan bumi kemudian menggesernya kearah yang anda inginkan. Jika mouse anda telah dilengkapi dengan Scroll anda dapat mengatur pembesaran gambar dengan menggeser scrooll.

Untuk mendapatkan informasi tentang sebuah lokasi, anda dapat mengklik tepat pada titik lokasi yang anda ingin ketahui, untuk menampilkan informasi seperti nama kota, propinsi, negara, populasi. (lihat gambar.2).

Bahkan anda dapat mengetahui informasi jarak dari sebuah lokasi dengan lokasi lainnya secara garis lurus dengan mengklik pada menu Tools Measure (Ctrl+F6) untuk mengaktifkan kotak pada menu Tools Measure (Ctrl+F6) untuk mengaktifkan kotak dialog Measure.

Pada kotak dialog Measure, pilih jenis satuan jarak yang anda inginkan (Kilometer, Miles, Feet, Yards, dan lain-lain). Kemudian klik pada titik lokasi awal, geser mouse anda pada lokasi akhir dan klik untuk menarik garis lurus di antara kedua lokasi. Perhatikan pada kotak dialog Measure, jarak antara kedua lokasi secara otomatis terupdate. Klik pada tombol Clear Line untuk menghapus garis yang anda buat.

Salah satu fitur yang penting dari Google Earth ini adalah fasilitas pencarian yang diberikannya, dimana dalam melakukan pencarian, kita bisa menggunakan kata kunci berdasarkan nama tempat, jenis bangunan, ataupun dengan menggunakan koordinat Longitude dan Latitude dari lokasi tersebut.Selain mendapatkan informasi yang telah ada, anda juga dapat menambahkan informasi pada lokasi-lokasi yang anda inginkan (Google Earth versi gratis tidak meng-up‑date seluruh informasi lokasi, hanya kota - kota besar saja). Caranya, klik pada menu Add Placemark (Ctrl+N), atau klik pada tombol Add Placemark. Tampilan New Placemark yang berkedip - kedip akan muncul, dan kotak dialog Placemark akan ditampilkan untuk mengisi Nama dari placemark yang ingin anda buat, dan juga untuk me­ngisi Deskripsi dari placemark tersebut. (lihat gambar 3)Untuk mengedit informasi dari placemark yang telah anda buat, klik kanan tepat pada placemark, dan pada menu pop-up yang muncul klik Edit, untuk mengedit informasi tentang placemark tersebut.Selain mengedit informasinya,anda juga dapat menga­tur posisi placemark, dengan mengklik tepat pada icon placemark tersebut, dan menggesernya ke posisi yang diinginkan.

Pada kotak dialog Places yang terletak di bagian kiri layar, anda dapat mengorganisir placemark -- place-mark yang ada, misalnya menyembunyikannya, menyu­sunnya dalam satu folder, dan lain sebagainya. Cara­nya, klik kanan pada nama informasi, kemudian pada menu pop-up yang tampil, anda dapat memilih untuk mengedit, menghapus, mengganti nama, dan lain se­bagainya. Selain itu, anda juga dapat langsung menuju ke lokasi tersebut dengan mengklik 2x pada nama in­formasi, misalnya Google Campus, maka secara otoma­tis tampilan bumi akan berputar, dan menuju ke lokasi tersebut serta memperbesar tampilan lokasinya.

Sedangkan di bagian Layers, anda dapat mengorganisir titik-titik lokasi berdasarkan kategori-kategorinya. Misalnya, jenis bangunan, batas negara, sensus, lokasi gunung berapi dan gempa bumi, dan lain sebagainya. Caranya, cukup dengan mengklik pada tanda centang yang ada disebelah kiri setiap kategori.

Selamat mencoba dan selamat belajar !!!

1 comment:

Silakan berikan komenter,kritik, saran, dan usul yang bersifat membangun (tidak mengandung unsur negatif dan SARA)